Senin, 17 Oktober 2011

E-Commerce

E-commerce adalah penggunaan teknologi internet dan aplikasinya untuk mendukung kegiatan bisnis dari sebuah perusahaan. Latar belakang dari e-commerce antara lain disebabkan dengan adanya peningkatan globalisasi ekonomi dunia dan pengembangan internet sehingga peluang pasar semakin besar untuk perusahaan komersial. Tanpa mengetahui faktor dalam e-commerce maka pelaksanaannya tidak dapat bekerja secara efektif. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam menerapkan e-commerce adalah faktor organisasi, faktor manajerial, faktor teknis dan faktor lingkungan. Perusahaan menggunakan e-commerce untuk berkomunikasi dengan pelanggan, karyawan, dan pemasok. Perusahaan juga menggunakan e-commerce untuk mengiklankan produk dan menawarkan layanan. Faktor yang dapat menghambat pelaksanaan e-commerce adalah: kurangnya dana, biaya produk, masalah keamanan, dan kredibilitas produk.

5 komentar:

  1. Bagaimana saya bisa menjamin sekuritas/keamanan transaksi dengan menggunakan e-commerce?

    BalasHapus
  2. untuk menjawab pertanyaan diatas maka kita harus memposisikan diri kita terlebih dahulu. jika kita sebagai produsen / distributor dalam hal ini maka kita harus mengetahui regulasi yang ada serta kita dapat mnggunakan penyedia layanan IT yang dapat diandalkan. sedangkan jika kita sebagai konsumen maka kita harus memperhatikan siapa yang memberikan layanan ini dan jangan pernah membeli produk dengan biaya besar kepada pemberi layanan yang belum terpercaya, tentunya agar tidak terjadi fraud dalam peristiwa ini

    BalasHapus
  3. wah informasi yang bagus, jadi kalau saya punya perusahaan suatu saat nanti, akan lebih efektif apabila saya menggunakan e-commerce untuk promosi produk saya yaa..
    selain lebih cepat juga lebih mudah.

    BalasHapus
  4. e-commerce memang lebih efektif dan juga memudahkan untuk promosi produk. semoga saja jika memang mbak itayupita nantinya memiliki perusahaan, dapat mengaplikasikan e-commerce secara benar

    BalasHapus
  5. nice posting.. =)
    semoga saja pelaksanaan e-commerce di perusahaan-perusahaan lokal indonesia bisa semakin berkembang dan dapat 'diterima' oleh masyarakat kita ya, agar kita tidak ketinggalan jaman lagi dalam perkembangan sistem informasi.

    BalasHapus